05/06/15

Amplifier Gitar Solid State Apa Tabung


             
Ketemu lagi sobat!

Sudah lama tidak membahas soal equipment musik kusus amplifier gitar Sebelumnya agar lebih mudah, kita bayangkan di dalam amplifier terdiri dari 2 bagian yaitu power amp dan pre amp.

- POWER AMP
- Memperkuat sinyal atau bahasa umum generatornya.

- PRE AMP
- Memberi pewarnaan sound pada amplifier bass, midle, treble, presence dll.

Untuk amplifier combo dan head, power amp dan pre amp sudah jadi satu jadi tinggal main saja, namun ada juga sebagian gitaris yang ingin memberi warna karakter lain pada sound gitarnya, dengan menggabungkan power amp dan pre amp secara terpisah atau biasa disebut amplifier model rack tumpukan .

Berikut ini penjelasannya

-
TABUNG
- Selain memperkuat sinyal power amp bisa diatur agar memberikan karakter sound, maka tersedia tombol presence, switch dan untuk voicing.
- Tidak perlu daya watt besar.
- Dana bisa di ganti jenisnya yang juga akan memberi warna karakter sound.
- Suara yang dihasilkan sangat tebal.
- Biaya penggantian tabung sangat mahal.
- Butuh waktu pemanasan untuk ON.

- SOLID STATE
- Power amp tidak memberi warna sound, sound murni dari pre amp.
- Sound flat minim pewarnaan.
- Daya watt yang dibutuhkan besar.
- Tidak perlu pemanasan langsung ON.

- PRE AMP SOLID STATE DAN POWER TABUNG
Karakter yang di dapat bisa bersuara 'galak, lebih kejam' karena pre amp solid state terbaru mampu menghasilkan sound yang tidak kalah dengan yang tabung.

Namun harga distortion pada pre amp solid state jangan diumbar, karena hal tersebut justru malah bisa mengaburkan sound stringnya saat kita mainkan kabelnya. Karena power tabung sudah memberi harga distortion dengan kehangatan tabung yang natural.

- PRE AMP TABUNG DAN POWER SOLID STATE
Sound yang di dapat bisa natural, karena pengolahan sound hampir sepenuhnya dikendalikan pre amp, power amplifiernya hanya memperkuat olahan pre amp saja.

Dari uraian di atas mungkin banyak yang berbeda pendapat, namun itu sah sah saja karena sound Anda, Andalah yang menentukan sendiri jadi .....

kapan kapan sambung lagi ya! thx

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar