30/09/15

Cara Pasang Sistem Sound Organ Tunggal


               

Pertunjukan organ tunggal sekarang lagi booming. Pertunjukan ini banyak diminati segmen kelas menengah ke bawah. Disamping tidak menguras dana besar seperti live musik band, juga tidak terlalu banyak menyita tempat.

Sistem sound organ tunggal sangat sederhana, namun jangan dianggap sepele karena venue seringkali berada di tempat yang padat pemukiman dilihat dari sudut akustik sangat tidak mendukung.

Sistem tata suara berbeda dengan sistem untuk konser, karena sumber suara sudah jadi kecuali vokal penyanyinya. Sound dari keyboard hampir tidak memerlukan sentuhan apapun.

Karena itu hanya diperlukan perangkat yang praktis dan portabel misalnya mixer built-in efek prosesor beserta speaker aktif.

- MIXER
Untuk mixer tidak perlu yang besar cukup 10 chanel dengan asumsi
- 4 chanel untuk 2 keyboard
- 2 chanel stereo untuk CD dan tape deck
- 3 chanel untuk mikropon

EFEK
Untuk efek mutlak diperlukan, karena fokus penonton tertuju pada penyanyinya. Tidak perlu efek yang berkualitas sempurna, efek reverb dari stompbox bisa saja.

Biasanya mixer kecil sudah dilengkapi dengan fitur efek prosesor, untuk fasilitas pengaturan. Hanya diperlukan kejelian untuk mendapatkan sound yang diinginkan.

SUBWOOFER
Tanpa subwoofer dentuman bass drum dari keyboard akan melempem. Memang bisa dilakukan ekualisasi pada frekuensi low, namun akan berakibat boomy karena dari sound keyboard low- nya juga akan bertambah.

Apalagi pertunjukan organ tunggal berbeda dengan konser dimana jumlah penonton cenderung tetap sampai pertunjukan usai. sedang resepsi jumlah penonton atau tamu cenderung tidak stabil, yang akan membuat sound low sering berubah.

Untuk subwoofer bisa dari speaker aktif yang portabel dan tidak besar.

- SPEAKER
biasanya yang berukuran 2 x 12 lebih baik dalam hal me-repro suara vokal. Sedang 2 x 15 lebih di tendangan low, hanya saja yang 2 x 12 biasanya berdaya keluaran lebih kecil dari speaker 10 'yang juga berkarakter low.

AKTIF
agar suara vokal lebih alami pakai speaker aktif. Tekan tombol 'mic' untuk membantu power di dalam agar dapat gain yang tepat dalam melakukan penguatan (suara tidak rencana). Atau bisa juga berupa tombol volume bertanda merah.

FEEDBACK
Terjadi karena suara speaker tertangkap balik oleh mikropon, untuk mengatasinya tempatkan mikropon sejauh mungkin dari speaker dan sedekat mungkin dari sumber suara.

Kurangi gain mikropon di mixer, pengaturan ulang penempatan speaker. Karena di organ tunggal berbeda dengan konser yang mengharuskan speaker berada di sisi kiri kanan panggung.

Usahakan speaker di area strategis yang bisa mencapai pengunjung tanpa harus menggeber SPL-nya. Karena pengunjung tidak butuh suara yang keras, karena pertunjukan ini hanya pelengkap atau hiburan di resepsi saja.

PRAKTIS
Pengertian praktis bukan berarti penurunan kualitas sound, namun hanya untuk kemudahaan setting saja. Sebisa mungkin jangan terpisah antara efek dengan mixer dan power dengan speaker.

Karena ini berhubungan dengan masalah kabel, penghubungan setiap perangkat sangat mungkin akan bisa menurunkan kualitas sound tersebut.

Berikut skema ideal sistem sederhana
Semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar