04/10/15

Fungsi DI Box


         

Ada beberapa alasan kenapa DI BOX dibutuhkan pada situasi live conser, salah satunya karena jarak antara panggung dengan mixer utama (FOH) kelewat jauh, sehingga sinyal yang dikirim melalui kabel yang panjang akan mengalami penurunan kualitas sinyal.

Disinilah peran penting DI Box yang berfungsi mengubah sinyal unbalans menjadi Balans.

Di dalam studio yang notabene kabel tidak terlalu panjang, di Box masih diperlukan antara lain:

- Untuk memparalel sinyal sebuah sumber bunyi. Misalnya suara gitar akustik ingin dikirim ke dua tempat yaitu
a) ke pre- amp lalu diteruskan ke mixer rekam.
b) dikirim ke amplifier gitar kemudian di miking untuk mengambil karakter amplifier tersebut.

- Agar praktis biasanya kabel yang terhubung di mixer studio memakai konektor XLR, dari pada mengganti dengan 1/4 jack maka dipakailah DI Box.

- Sebagai kabinet simulator fungsinya mengubah sinyal suara menjadi sinyal line yang langsung diteruskan ke mixer. Sinyal tersebut sudah disesuaikan sehingga sound yang terdengar seperti menggunakan kabinet 4 x 12.

Pada saat live DI Box sangat membantu meminimalisir kebocoran bunyi suara dari sumber lain yang turut masuk pada saat miking pada gitar.

Sedang pada saat rekaman membantu mempersingkat waktu agar mendapatkan sound miking yang diinginkan, karena DI Box bisa diaktifkan hanya dengan bantuan Phantom Power dari mixer.

Bisa juga sebagai bantuan menemukan sound distortion yang khas, ambil contoh sebuah amplifier tabung di set full gain maka speaker outnya dikirim ke input DI Box. Lalu paralel out Di Box diteruskan ke Dummy load sebagai pengalih beban amplifier tabung, sedang sinyal speaker yang sudah diubah DI Box tadi menjadi sinyal line kirim ke perangkat efek maka akan di dapat sound distorsi yang yahud sekali.

Hal ini bisa terjadi karena impedansi sinyal speaker diubah menjadi sinyal line oleh DI Box, disini head amplifier hanya bertugas sebagai pre-amp pengolah tone dasar saja. Sedangkan kalau sinyal speaker langsung di kirim ke efek hasilnya akan kurang optimal.

Namun apabila tidak ada DI Box, bisa diakali dengan pre-amp mic / line tabung. Bila dengan konektor 1/4 jack tidak Balans maka setelah melewati proses pre-amp lalu dikeluarkan melalui konektor jack dan XLR akan menjadi Balans. Akan tetapi cara ini tidak bisa menerima sinyal speaker, hanya bisa menerima sinyal line atau mic saja.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar