02/09/15

Atasi noise pada adaptor efex


           

Bagi seorang player noise gitar memang sangat mengganggu mood bermain. Apalagi kalau pas waktu even yang lumayan besar, bisa kacau performa keseluruhan bandnya.

Noise bisa disebabkan banyak hal misalnya kabel yang tidak standar, ground dari gitar yang tidak baik, atau dari ground amplifier yang tidak sempurna.

Namun kali ini ane mau membahas noise gitar yang disebabkan adaptor yang kurang memenuhi standar. Biasanya adaptor tersebut buatan sendiri (custom).

Kok bikin sendiri? Padahal kalau kita beli efek gitar pasti sudah dapat adaptor orisinil!

Dari pengalaman ane biasanya kalau beli new, hanya efek tertentu saja yang dapat adaptor orisinilnya. Memang untuk efek digital, adaptor orisinilnya sudah termasuk satu paket. Namun tidak berlaku buat efek stompbox, adaptornya harus beli sendiri itupun kalau ready stock.

Apalagi pihak penjual sering kali tidak menyediakan adaptornya, akhirnya konsumen tidak ada pilihan beli adaptor merk lain, atau bikin sendiri, bahkan lebih gawat lagi pakai adaptornya game misalnya playstation. Yang penting khan nyala mas! kwk..kwk..kwk ..

Dari sinilah akhirnya timbul noise gitar yang disebabkan oleh adaptor yang tidak kompeten dengan efek tersebut. Noise tersebut biasanya terdengar suara seperti voltase yang ngedrop, atau nggereng berdengung.

Namun hal ini bisa diatasi dengan cara ditambahkan komponen IC, hanya saja box adaptor harus dilubangi sedikit agar aliran udara panas bisa keluar, kalau IC yang ane pakai berkode Auk V4 67809PI.

Barangkali ada yang mau pakai IC lain selain yang ane pakai, silahkan barangkali cocok. Dijamin noise akan hilang.

Selamat mencoba ..
Semoga bermanfaat!


             




Tidak ada komentar:

Posting Komentar