31/08/15

6 Kombinasi Wiring Pick Up Gitar


                 

Bagi gitaris yang punya Pickup humbucker dan ingin menginstal pada gitar miliknya atau lagi bosan dan ingin merubah karakter sound gitarnya, ini ada panduan kombinasi wiring pick up gitar.

Namun dengan catatan pickup humbucker harus terdiri dari 5 kabel (2 negatif, 2 positif dan 1 ground).

Yang dimaksud single coil disini bukan single coil dalam arti sesungguhnya satu coil, namun pickup humbucker yang di wiring paralel. Sampai tampaknya sound rasa single coil namun lebih tebal dan tingkat noisenya berkurang.

Proses pengerjaanya harus hati hati. Agar mendapatkan hasil sound yang optimal, disarankan untuk tidak menyoldernya dengan solder yang terlalu panas.

Panduan ini berisi kombinasi wiring humbucker dan single coil untuk kedua pickupnya. Berarti ada 6 kombinasi wiring yang di dapat.

- Humbucker bridge
- Humbucker bridge - humbucker neck
- Humbucker neck
- Single coil bridge
- Single coil bridge - single coil neck
- Single coil neck

6 kombinasi tersebut didapat karena untuk pickup selector yang digunakan adalah yang toggle 3 way dengan volume yang push pull. Sehingga ada 3 posisi untuk posisi volume push, dan ada 3 lagi untuk posisi volume pull.

Kalau ingin mengganti dengan pickup selector geser model fender strato, maka akan bisa di dapat kombinasi 5 wiring, ditambah lagi kalau menggunakan potensio yang push pull.

Berikut panduannya semoga bermanfaat.

             
             
             
             
                 
         
               

               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar