24/10/15

Tips Meredam Alat Musik Drum Yang Bagus


           

Bagi studio rental profesional pasti tidak ada kendala jika ada yang bermain musik, karena sistem peredamannya sudah sangat bagus, sehingga suara tidak bocor keluar

Namun lain soal kalau alat musik tersebut hanya dipakai pribadi atau non rental, untuk amplifier sangat mudah tinggal mensetting volume agar suara tidak terlalu keras.

Akan tetapi untuk jenis alat musik drum, sangat sulit karena berhubungan dengan sustain dan nada. Kalau permukaan mika di tempel dengan lakban memang suara akan menjadi pelan, namun hal ini bisa berimbas suara drum akan menjadi mendem, atau tidak clear dan tidak enak didengar.

Berikut tips meredam alat musik drum

TOMTOM / FLOOR TOM

- MIKA ATAS (nada Drum ).
Solusinya bisa dikasih scotlight atau stiker yang putih transparan, harganya cukup murah bisa dibeli di toko onderdil sepeda motor.

Cara pemasangannya tempel seluruhnya di mika atas pada permukaan atas dan bawah ( bolak balik ). Kencangkan dulu mika lalu lapisi dengan stiker, hal ini dilakukan agar stiker bisa menempel dengar kuat dan rapi.

Disamping suara menjadi lebih pelan juga bisa menambah kekuatan dan keawetan mika tersebut.

- MIKA BAWAH ( sustain drum ).
Permukaan luar posisi tengah lapisi stiker berbentuk lingkaran kecil saja.

SNARE DRUM

Untuk snare drum karakter suaranya yang tinggi ( high ) dan berbeda maka bagian dalam plat melingkar sekelilingnya semuanya diberi lapisan gabus keras setebal 1 cm. Cukup ditempel saja tidak perlu di lem.

BASS DRUM

Karena karakternya rendah ( Low ), cukup bagian dalamnya diisi dengan busa melingkar.

Dengan cara ini suara bisa dikurangi tanpa terlalu berimbas pada karakter suara drum tersebut.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar