17/12/15

Efek Loop Pada Amplifier Gitar Meminimalisir Noise





Efek loop adalah salah satu fitur yang terdapat pada amplifier gitar yang berada di belakang amplifier, biasa ditulis ' FX send dan FX return atau Main In dan Pre Out '

Adapun fungsi efek loop untuk menyisipkan atau meng - insert sinyal prosesor atau efek diantara pre - amp dan power - amp, lebih singkatnya efek loop sebagai by past memotong pre - amp, dengan cara ini maka noise yang dihasilkan akan bisa diminimalisirkan atau berkurang, terlebih lagi bila amplifier tersebut mempunyai dual power - amp maka setreo dari sinyal yang disisipkan di efek loop akan menghasilkan sound gitar yang optimal.

Sedang kalau efek gitar dimasukan di depan input amplifier, noise yang dihasilkan akan bertambah hal ini disebabkan karena penambahan gain pada pre - amp juga sering berakibat penambahan noise.

Cara pemasangannya
( efek stompbox )
FX send hubungkan ke in efek modulation lalu out efek masukan ke FX return, sedang efek distorsion + gitar tetap di input depan amplifier.
Jika efeknya cuma 1 distorsion tanpa efex modulation bisa saja langsung ke FX return namun apabila efek off/gitar clean maka kita tidak bisa mengatur equalizer pre amp karena sudah di by past oleh FX return.

Lebih dianjurkan agar efek stompbox distorsion masukan di input depan, karena efek jenis ini tidak mempunyai fitur equalizer bass, midle, treble, lain kalau efek digital bisa langsung ke FX return karena efek jenis ini sudah di dukung fitur equalizer.

Semoga bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar