12/08/16

Atasi Senar Gitar Sering Putus




Senar putus bagi rental musik studio terkadang membawa rejeki karena sering sekali yang putus di tempat tremolo, hal ini menguntungkan owner studio karena senar bisa ditarik lalu dimasukan lagi ke tremolo up down namun bagi penyewa bisa jadi musibah hilang deh ..uang beli rokok buat mengganti senar kwk..kwk..

kenapa senar sering putus dibagian tremolo ?..selain karena pick gitar sudah tidak rata penyebabnya sebetulnya sepele, putus karena kena tekanan terlalu ke dalam. Mungkin sang player tidak sengaja waktu melakukan bending, atau ketika saat melody terlalu menekan senar kedalam mengakibatkan putus atau patah.




Pengalaman punya rental musik sederhana ane dulu nakal ( sekarang nggak..ha..ha..) curang cari ceperan, ane setel tremolo di posisi miring. Posisi ini mengakibatkan senar sering putus. Dengan alasan mereka penyewa juga bikin kesal berapa buah mic yang rusak karena jatuh, kabel, jack sering rusak ditarik seenaknya..kok jadi curhat..singkat cerita akhirnya ane sadar bahwa curang tidak membawa barokah, lagi pula kasihan juga pelanggan sering membayar uang pengganti senar yang putus.




Kembali ke masalah senar putus, bisa diminimalisir dengan menyetel posisi tremolo agar sejajar rata.




Dengan mengurangi per bagian dalam standard 3 per jadikan 2 per saja kalau kurang kencangkan 2 buah sekrup plat per di body gitar agar menarik per tremolo atau tetap 3 per namun kendorkan 2 buah sekrup plat per di belakang bodi gitar. Seandainya posisi tremolo ingin ditinggikan tidak jadi masalah asal posisinya tetap sejajar rata, cara ini membuat senar lurus tidak bengkok sehingga mengurangi resiko senar putus.

Selamat mencoba.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar