24/12/16

Bass senar 4, 5, 6, yang mana kebutuhanmu





Jaman waktu main band tahun 1990 sangat berbeda sekali dibandingkan sekarang, bagaikan bumi dan langit. Jangankan efek digital yang wah dengan puluhan macam suara distorsi, modal ane cuma metal zone merk boss itupun cuma pinjaman, namun keterbatasan equepment tidak membuat minder, kenapa ! Karena grup band lainnya juga memakai metal zone doang ha..ha...

Dulu mayoritas grup band hampir semuanya mempunyai karakter distorsi yang sama, kebanyakan memakai efek merk boss. Namun sekarang perkembangan alat musik sangat pesat sekali.

Selain bermunculan efek gitar digital yang canggih yang dulu tidak ada, aliran musik juga turut berkembang ada grencore, metal core, hard core ada juga hand job dan blow job lho ! ha..ha..yang terakhir ini ane kurang paham.

Cara penyetelan atau tuning alat musik juga turut menyesuaikan karakter musiknya. Supaya sound low/deepnya lebih terasa banyak yang menurunkan senar gitarnya 1/2, 1, bahkan 1,5 nada. Begitu juga dengan alat musik, sekarang sudah ada gitar bass berdawai 5, bahkan 6. Sedang gitar melodi ada yang memakai 7 senar.

Pertanyaanya apa fungsi dari senar tersebut dan benarkah kita sangat membutuhkan gitar berdawai lebih banyak !! berikut penjelasannya.

BASS 4 SENAR
bass dengan 4 senar untuk musik yang standard tuningnya sebetulnya sudah cukup baik. Low gampang di dapat dengan frekuensi high nya yang terpisah sehingga mudah pengaturan setting di amplifier, namun untuk tuning drop mencari karakter low/deep dengan cara senar dikurangi 1/2 - 1,5 nada, masih kurang optimal karena senar akan lentur player jadi kurang nyaman selain itu suara low kurang jelas tidak fokus. Bisa juga dioptimalkan dengan memilih senar yang besar, lalu agak dinaikan baut di tremolo.

BASS 5 SENAR
tuning bass 5 string sama dengan 4 string urutan dari bawah G D A E hanya ditambah senar ke 5 adalah B, senar ke 5 untuk pengambilan low not B C D sangat baik, bulat dan padat. Hanya perlu diperhatikan setting amplifier jangan terlalu low karena senar ke 5 sudah sangat low, dikawatirkan nanti suara jadi kurang jelas terdengar bergaung.

BASS 6 SENAR
untuk senar ke 6 penambahannya dibawah sendiri menjadi senar ke 1 dengan tuning C, urutannya menjadi berikut dari bawah C G D A E B. Bass dengan senar 6 sangat baik untuk berimprovisasi dengan not not yang lebih luas, namun agak sulit waktu setting di amplifier karena besar perbedaan senar ke 6 low dan senar ke 1 yang sangat treble, kalau terlalu low senar ke 1 kurang jelas. Juga perlu diingat stang bass ini sangat lebar agak merepotkan untuk player yang berjari pendek.

GITAR MELODI 7 SENAR
fungsinya hampir sama seperti bass diatas, lebih memudahkan player bermain low, apalagi gitar melodi tidak semudah men tuning seperti pada bass karena pada tremolonya menggunakan per sehingga kalau mengendorkan satu senar akan berakibat senar lainnya out of phase alias fals, kecuali untuk tremolo yang model ala gibson. Sedang untuk tuning senar ke 7 adalah B.

Dari uraian diatas bisa diambil kesimpulan, bahwa pemilihan gitar harus dipertimbangkan dengan kebutuhan akan not not bermusik, baru sound bukan sebaliknya.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar