25/12/16

Kategori gitar yang baik





Gitar electrik yang baik yang bagaimana ? merk apa ? kalimat ini sering ditanyakan berulang ulang, maklum mungkin mereka baru pertama kali main musik.

Agak susah juga jawabannya, kalau ane bilang semua gitar electrik pasti baik kenyataannya ada juga yang jelek, mau bilang yang baik itu harganya pasti mahal, kenyataannya tidak juga, akhirnya dengan lemah lembut sambil mengelus rambutnya ane jawab saja ' dik tidak usah mikir gitar, konsentrasi saja ke pelajaran sekolah biar lulus langsung kerja nanti adik bisa beli gitar yang baik ' lho kok ! ha..ha..ha..

Gitar electrik yang baik adalah yang bisa memenuhi semua standard kelengkapan yang dibutuhkan agar berfungsi dengan semestinya. Berikut ini standard kelengkapan yang wajib dipunyai.

- neck gitar harus dilengkapi besi trussrod, karena fungsinya sangat vital sekali yaitu mencegah stang bengkok. Banyak gitar electrik yang jelek menutupi kelemahannya dengan cara gagang neck dibuat tebal agar lebih kuat, bisa juga dilihat dari ujung stang ada atau tidaknya besi trussrod.

- bodi gitar harus terbuat dari kayu bukan triplek yang ditumpuk, hal ini berpengaruh kepada sound yang dihasilkan, bisa dicek bobotnya yang ringkih kurang berat.

- cat gitar kurang standard cara tes pencet pakai kuku kalau tampak berbekas pengerjaan pengecatan kurang layak, namun soal cat masih bisa ditoleransi meskipun hal ini bisa berdampak ke hasil sound. Bukan warna catnya yang jadi masalah tapi lebih ke mutu pengerjaannya.

- di tempat sirkuit di bagian dalam harus ada cat hitam karbon, cat ini berfungsi sebagai noise.

Selama semua kelengkapan tersebut diatas bisa dipenuhi maka sudah layak masuk kategori gitar electrik yang baik atau standard, tinggal kita mau memilih yang baik, sangat baik, sangat super baik atau premium class semua tergantung budgetnya.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar