22/08/23

Atasi volume gitar dikurangi treble hilang

 


Modifikasi siapa yang tidak kenal kata itu, bagi sebagian orang merubah sesuatu agar sesuai dengan yang diinginkan bisa menjadi kepuasan tersendiri, meskipun dari pabriknya barang tersebut sudah sangat memenuhi kebutuhan konsumen.


Bukan hanya bidang otomotif saja yang dimodifikasi seperti mobil atau motor, tapi alat musik juga sering dirubah misal gitar diganti pickupnya, tremolo atau dreyer. Namun penulis tidak mengulas pergantian part tersebut, tapi menambahkan komponent bukan mengganti. Sebelum mengulas lebih jauh pernahkah kita mendengar kata treble bleed, apakah itu ?


Ketika volume gitar kita turunkan atau pelankan pasti frequensi treble akan hilang itulah yang disebut treble bleed, kenapa treble bisa hilang ? kenapa pabrik gitar sekelas ibanez, jackson, gibson, fender tidak mengatasi hal tersebut ? jawabannya tidak tahu penulis hanya berbagi pengalaman mengatasinya.


Solusinya sediakan kapasitor dan resitor, semakin besar nilai kapasitor dan resitor maka akan semakin keras padat bunyi sound gitar yang dihasilkan, kemudian gabungkan kaki resitor dan kapasitor dengan posisi kapasitor diatas, lalu konek ke kaki potensio volume pin ke 2 dan 3 atau ke plus (+) semua.


Dengan cara ini saat volume gitar dikurangi hingga off treble tidak hilang, modifikasi ini tidak menguras banyak biaya karena harga kapasitor dan resitor sangat murah sekali. Selamat mencoba semoga bermanfaat.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar