23/06/15

Tips Memilih Drum Rock Atau Jazz


           

Sebenarnya pihak produsen sudah membuat drum series  sesuai dengan karakter masing masing, namun kadang konsumen kurang mengetahui hal tersebut.

Mungkin karena melihat salah satu merk drum tersebut dipakai group rock terkenal, maka konsumen beranggapan kalau mau ng-rock harus memakai merk drum tersebut.

Padahal dalam satu merk produsen membuat bermacam karakter atau series misalnya fussion series, rock series..etc. Seperti pengalaman temen ane curhat barusan membeli drum namun katanya drum tersebut tidak enak buat nge-rock.

Jujur saja kalau soal main drum ane gak bisa apa apa alias O besar, namun karena dulu pernah jadi kuli angkut bahasa kerennya crew ... kwk..kwk .. sedikit banyak tahu soal drum sombong dikitlah .... ha..ha.

Setelah ane liat ternyata drum temen berkarakter jazz, fitur karakter jazz biasanya ukuran diameter dan panjang tom tam, floor tam, bass drum lebih pendek.

Karena kebanyakan musisi jazz menjaga tone dengan sound yang klasik, maka seringkali menggunakan ukuran tom 10 ", 12", 14 ", & untuk bass drum ukuran 18", sedang snare dari bahan wood untuk sheel - nya dengan ukuran standar 14 × 4,5 ".

Karena makin besar diameter dan panjang set drum akan menghasilkan sound yang deep dan sustain  yang panjang, yang sangat di sukai musisi rock, meskipun tidak bisa kita abaikan tebal dan bahan lapisan ply juga sangat menentukan sound drum tersebut.

Begitu juga untuk snare dari bahan maple, soundnya lebih vintage. Untuk snare dari bahan brass  berkarakter sound yang bright sering dipakai untuk jenis musik fussion atau pop.

Sedang snare dari perunggu atau baja banyak dipakai untuk musik rock karena soundnya cenderung berat dan deep.

Jadi teliti sebelum membeli ya!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar