02/07/15

Tips Berbagi Pengalaman Memilih Mixer Audio


             

Ane mau cerita berbagi pengalaman waktu dulu beli mixer audio, merk tidak usah disebutkan.

Ceritanya waktu itu lagi cari mixer audio gak besar sih, cuma 12 chanel saja cukuplah buat genjrang genjreng di rumah. Setelah dapat langsung cek satu persatu mulai input chanel, efx vokal dan equalizer  setelah semuanya beres no trouble lalu bungkus deh.

Masalah baru muncul setelah dicoba dengan instrumen lainnya seperti gitar, waktu Efex distortion gitar on muncul suara noise ground yang keras sekali.
Padahal hal tersebut tidak pernah terjadi sebelumnya.

Kemudian ane lakukan cek satu persatu mulai dari kabel ground gitar, kabel ground listrik sampai Efex gitar bahkan sempat di bongkar juga, tapi tetap saja belum ketemu penyebabnya.

Sampai akhirnya iseng iseng ane copot colokan listrik di mixer yang baru tersebut, aneh bin ajaib gitar waktu efx distortion on noise ground  hilang suara gitar jadi bersih, namun ketika colokan mixer audio dimasukan di listrik muncul lagi noise ground gitar.

Karena penasaran akhirnya ane panggil tukang servis audio, setelah diperiksa ternyata penyebabnya regulator mixer audio mengalami kebocoran, solusinya regulator harus diganti atau ditempatkan diluar casing mixer. Karena sudah keburu sakitnya tuh disini akhirnya dengan terpaksa di legolah itu si mixer.

Dari pengalaman tersebut akhirnya jadi tahu kalau mau beli mixer audio alangkah baiknya coba mainkan gitar pakai amplifier gitar disebelahnya dengan efek distortion (gitar jangan dimasukan di mixer).

Kemudian mixer audio kita nyalakan kalau tidak ada perubahan noise pada gitar waktu mixer audio on lalu off itu tandanya regulator mixer bagus artinya ..... silahkan bungkus deh.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar