05/08/15

Wiring Kabinet Gitar


             

Sering sekali kabinet gitar kurang mendapat perhatian di banding dengan amplifier gitar. Padahal kabinet speaker gitar adalah salah satu bagian dari sebuah amplifikasi.

Bukan hanya sebagai box tempat speaker saja, namun kabinet speaker juga turut berpengaruh dalam pembentukan sound gitar secara keseluruhan.

Secara umum kabinet speaker terbagi menjadi 2 closed back dan open back

-
CLOSED BACK
Kabinet yang tertutup bagian belakangnya, sering terdapat pada ampli model head kabinet, ada 2 model kabinet closed back yaitu ANGLED cabinet  (bagian atas depan miring) dan straight cabinet (lurus bagian depannya).

Karakter kabinet closed back sangat bulat punch namun hanya baik di dengar pendengar pada posisi lurus di depan speaker. Hal ini disebabkan karena desainnya yang tertutup, sehingga suaranya yang dihasilkan sangat fokus.

- OPEN BACK
Kabinet yang terbuka bagian dalamnya, biasanya banyak terdapat di ampli combo. Karena desain belakang yang terbuka, maka karakter suara yang di hasilkan akan dapat menyebar lebih luas.

Model open back sangat cocok untuk ruang yang tidak terlalu luas, namun kekurangannya suaranya low punch kurang terdengar jelas.

Di dalam kabinet terdiri dari beberapa speaker yang di wiring secara seri, paralel,  dan kombinasi dari seri dan paralel.  Berikut penjelasannya.

- KABINET 2 x 12
Kabinet dengan 2 speaker di dalamnya biasanya menggunakan koneksi paralel, karena kalau menggunakan wiring paralel ketika salah satu speaker rusak, speaker lainnya akan tetap berbunyi.

Lain dengan kalau kita menggunakan wiring seri, ketika salah satu speaker mati maka speaker lainnya tidak berbunyi. Namun ketika kabinet 2x12 di wiring seri kelebihannya amplifier tidak panas, karena impedansi pada speaker menjadi 16 ohm (jika speaker 8 ohm) karena impedansi speaker lebih besar dari amplifier 4 ohm.

 - KABINET 4 x 12
Secara umum dihubungkan dengan sambungan seri dan paralel, setiap 2 speaker diwiring secara seri lalu masing masing 2 bagian speaker tersebut dihubungkan secara paralel.

Sering kali terjadi kasus speaker cepat jebol atau amplifier cepat panas, mungkin ini terjadi karena salah instalasi. Intinya adalah impedansi ohm speaker harus lebih besar dari impedansi ohm pada amplifier.

Contoh jika kita memiliki 2 buah kabinet speaker bertuliskan 4 ohm  dan  8 ohm  sedang pada power amplifier output bertuliskan 4 ohm dan 4 ohm, maka paling baik kita hubungkan masing masing input 8 ohm pada kabinet ke output 4 ohm pada power amplifier.

Kondisi paling ideal adalah menyamakan impedansi pada power amp dan impedansi pada kabinet.

- BAHAN
Bahan kayu yang paling baik adalah playwood tebalnya 0,5 inci sampai 1 inci. Bahan dari playwood memiliki karakter low lebih baik dari particle wood dari segi keawetan juga lebih baik dari particle wood.

Untuk bagian dalamnya dihubungkan dengan balok penghubung, tujuannya selain sebagai penguat juga berfungsi menahan getaran bagian sisi depan dan belakang kabinet, terutama kabinet 4x12.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar