28/08/15

Macam Macam Tabung Pada Amplifier


           

Amplifier tabung memang berbeda dibandingkan dengan yang solid state. Dari segi penggunaan dan perawatan memang membutuhkan biaya yang lebih besar dibanding amplifier solid state.

Pergantian tabung pada amplifier secara berkala bagi sebagian gitaris tentu sedikit menguras kantong, apalagi didalam amplifier bisa ada lebih dari satu tube, bisa 9 bahkan ada yang sampai 12 tube.

inilah uniknya amplifier tube meskipun mahal perawatan, namun kita sedikit banyak bisa merubah karakter sound dengan memilih jenis tabung yang kita inginkan. Asalkan pinnya sama.

Di dalam tabung terdiri dari katoda, grid, plate dll. Tiap tabung beda karakter dan kualitas suara tergantung tehnik pembuatan dan bahan yang digunakan dalam tabung tersebut.

RECTIFIER
Sebuah perangkat tabung berfungsi untuk memasukan dan mengendalikan arus agar mengalir hanya satu arah, rectifier ada di semua amplifier AC termasuk juga amplifier solid state.

Rectifier akan mengkonversi arus listrik bolak balik AC (yang keluar dari trafo power) ke arus DC.

BIAS
Adalah tegangan DC yang digunakan grid (tempat elektron dari katoda) untuk mengatur aliran listrik yang akan dikirim ke plate (di dalam tabung).

Bias ini menentukan seberapa keras tabung akan bekerja, yang juga akan turut menentukan suara dan usia ketahanan tabung tersebut.

PENTODA DAN TRIODA
Pada amplifier ditandai dengan tombol switch untuk merubah power output dari pentoda (5 komponen) ke trioda (3 komponen). Kalau dari pentoda dirubah ke trioda, maka power output akan jatuh setengahnya dan frekuensi kualitas  akan hilang.

Hal ini disukai banyak gitaris karena power trioda punya attack lebih lambat dan kualitas suaranya sepandan dengan amplifier kelas 'A'.

Bisa juga dengan cara mengeluarkan dua dari empat power tube di dalam amplifier. Hal ini akan membuat power menjadi turun dan akan didapat distorsi volume yang rendah.

Meskipun banyak bermunculan amplifier solid state merk baru, but the amplifier tube is still in search of people

Berikut sebagian jenis tabung semoga bermanfaat.

GT-6550-R
Buatan USA Dipakai amplifier tahun 70-80'an. 50 watt per tabung. Bentuknya besar, dengan ruang kepala dan kinerja yang luar biasa dan dinamika yang tinggi. Waktu yang dibutuhkan untuk ON sangat cepat. Direkomendasikan untuk amplifier bass. 8-pin desain pentode.

GT-KT-88-SV
Buatan USA-output 8-pin pentodes. Output 50 watt. headroom dan dinamika yang terbaik.

GT-12AT7
Didesain tahan lama memiliki daya output tinggi. 9-pin desain trioda.

GT-6V6-S
adalah tabung rendah-daya output (12-18 watt) hangat, suara bulat respon lembut dengan harmonik yang kaya akan distorsi. Sangat baik untuk rental studio karena tahan lama umurnya. Cocok untuk segala musik, namun lebih cocok untuk musik groove.

GT-EL84-R
Output sangat rendah 5-8 watt, banyak dipakai di ampli model klas 'A'. Dengan respon harmonik yang kaya, untuk distorsi sangat baik sampai membuat seorang player bernafsu untuk bermain cepat.

GT-EL34-M
Banyak dipakai gitaris british tahun 60'an ber'output 20-25 watt. Mid-range punch, low renyah. Dana ini penerus
Mullard EL34 dari tahun 60-an. Mullard diproduksi selama sekitar 15 tahun.

GT-12AY7
perlengkapan standar pada amplifier Fender karakter hangat, harga distorsi tidak terlalu karena dikompres pada nada rendah. Memiliki 9-pin desain triode Gain lebih rendah dari 12AX7.

GT-12AX-R2
menghasilkan nada warm Ukurannya besar membuat tabung ini sedikit lebih rentan terhadap masalah bila digunakan dengan gain tinggi. responsif, dengan kejelasan yang baik. Memiliki 9-pin desain triode.

6L6-CHP
Dana 6L6 adalah tabung yang direkomendasikan di pakai di semua amplifier fender series. Karakter bulat, dengan midrange tajam, kuat di gain tinggi. standar 6L6 tabung berkisar 20-25 watt.

GT-6L6-R
Output daya (20-25 watt) respon bulat, mid-range, tahan gain tinggi. Dipakai gitaris AS tahun 60'an.

12AX7WA Sovtek
ini adalah triode ganda currenty diproduksi di Rusia. Dianggap salah satu yang terbaik. Sering dipakai pada amplifier Fender, AMPEG, Carvin, dan HARTKE, memiliki 9 pin halus dan kuat di low dan bisa menjangkau frekuensi tinggi tanpa pecah. Untuk distorsi bisa menjangkau bermacam karakter.

12AX7 Jan philips
Solid di mid-range, memiliki dinamika yang sangat luas. Bulat di low bisa melengking di high-end.

Semoga bermanfaat.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar