14/08/15

Fungsi Gate Dan Kompresor


             

Dari cara kinerjanya gate dan kompresor  memang sama sama menerima sinyal, namun dari fungsinya jelas berbeda.

GATE
berfungsi sebagai gerbang penentu sinyal mana yang dapat diteruskan dan sinyal mana yang tidak bisa diteruskan.

KOMPRESOR
bertugas sebagai pengatur level yang akan membatasi sinyal sampai pada level tertentu saja. Jadi setelah nilai threshold ditentukan, maka sinyal yang melebihi nilai itu tidak akan bisa melebihi nilai threshold.

Setiap perangkat seperti gate, kompresor dan EQ memiliki fungsi yang berbeda. Gate di- insert pada chanel drum untuk meminimalkan kebocoran suara yang ditangkap oleh mikrofon lainnya. Misalkan kita tidak ingin mikrofon tom 1 menangkap juga suara dari tom 2, begitu juga sebaliknya. Tapi tidak harus semuanya kita gate.

Umumnya untuk over head Hi-hat jarang sekali di-insert, sedang untuk snare masih tergantung sound engineering nya. Ada yang suka di gate ada juga yang tidak suka.

Sedangkan EQ yang di-insert di master out memiliki fungsi yang berbeda sama sekali dengan gate yang di-insert pada chanel drum.

Karena dia akan mengekualisasi sinyal yang diterimanya, agar sama dengan sinyal keluarkan. Idealnya melakukan pengaturan EQ Master sebaiknya menggunakan bantuan RTA dengan pink noisenya.

Sedang kabel untuk insert tergantung perangkatnya. Biasanya Tip = send, Ring = return, Sleve = negatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar