19/08/15

Cara Setting Equalizer No Smile


           

Seringkali kita melihat dalam sebuah even, equalizer berbentuk smile, Padahal dalam sistem profesional selalu setting equalizer no smile. Karena akan terlalu banyak frekuensi yang terpotong.

Hal ini akan mengurangi kejelasan, serta level keseluruhan sound. Dan ketika sistem audio sedang berjalan lalu timbul feedback, maka akan banyak lagi frekuensi yang dikurangi. Hal inilah yang membuat ketidakjelasan kualitas vokal.

Sebaiknya lakukan setting dengan cara putar lagu dari CD yang sudah familiar, biarkan equalizer pada posisi datar (flat). Naikkan master level secara perlahan, dengar apakah sudah sama seperti yang selama ini kita dengar.

Kalau terlalu tajam, kurangi frekuensi tertentu di mid-hi 2,5 K - 4 K. Kalau terlalu rendah kurangi frekuensi low mid 250 Hz - 160 Hz. Sebisa mungkin hindari mengurangi frekuensi mid di 800 Hz- 1,5 khz, karena akan membuat sound jadi kurang jelas.

Cobalah dengan mikrofon, cari sound yang paling natural melalui equalizer mixer  bukan lewat equalizer grafis, kalau masih terjadi feedback ubah posisi speaker.

Usahakan arus listrik memiliki arde (grounding) yang baik dengan cara arde ditancapkan ditanah (bukan negatif yang ditancapkan). Kualitas kabel yang buruk bisa juga menyebabkan noise.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar