08/07/20

Wiring gitar 3 volume pindah pickup halus



Modifikasi ! Setiap orang pasti pernah melakukannya dari yang ringan sampai merubah total, mulai sepeda pancal, sepeda motor, mobil bahkan alat musikpun tidak luput dari rombak merombak, padahal dari pabrik produsen sudah dibuat dengan sangat layak.

Mungkin tujuannya agar lebih beda dengan yang lain atau bisa juga agar sesuai dengan keinginan pemiliknya, pada alat musik yang di modifikasi seringkali pada gitar, lebih gampang karena bahannya dari kayu sehingga mudah dibentuk. Berbeda dengan lainnya misal keyboard hanya di tambahi atau upgrade.

Pada gitar modifikasi yang ringan contohnya tremolo down atau semi, di ganti dengan tremolo up down dengan cara lubang tempat di bodi gitar di perbesar, sedang modifikasi yang agak berat membuat efek jadi satu di dalam bodi gitar dengan penambahan tombol knob efek.

Artikel kali ini membahas modifikasi ringan saja yaitu H S H pick up 3 way dengan 3 volume tanpa tone. Kenapa tanpa tone ? tujuan utama yang jelas ingin tampil beda, alasan lainnya tone pada gitar kurang begitu digunakan karena lebih suka menyetel di efek atau amplifier, apalagi menurut master gitar edy van halen bilang ' volume adalah tone ' cocok sudah.

Karena standard H S H ada 2 knob maka dibuat 1 lubang lagi untuk potensio, tanpa bor hanya dengan obeng cukup mudah melubanginya, hasilnya dengan 3 volume sendiri tiap pick up, ketika main gitar waktu melakukan perpindahan antar pick up suara sangat smoth halus tanpa ada jeda, karena kita bisa mengatur besaran volume tiap pick up. Berikut rangkaian wiringnya dengan sambungan seri, kalau ingin memakai sambungan paralel semua kabel pick up (+) positif jadi satu begitu juga dengan (-) negatif jadi satu sendiri.

Selamat mencoba
Semoga bermanfaat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar